Resume berfikir komputasi

1.STRUKTUR DATA
Struktur data adalah cara menyimpan, mengambil, dan menyusun data. Struktur data memungkinkan data yang ada di komputer lebih mudah diakses dan diperbarui.

Fondasi setiap program komputer adalah data dan algoritma. Dengan algoritma, program komputer dapat menggunakan data secara efektif. Sementara struktur data ibarat kontainer yang menyimpan banyak data dengan layout tertentu. Tiap jenis struktur data memiliki layout masing-masing.

Karena memori komputer terbatas, tata letak (tata letak) data harus diatur dengan baik. Oleh karena itu, penyimpanan data memerlukan “formasi” khusus agar data lebih cepat dan tidak menghabiskan banyak memori.

2.TREE DATA
Dalam ilmu komputer , pohon adalah tipe data abstrak yang digunakan secara luas yang mewakili struktur pohon hierarkis dengan sekumpulan simpul yang terhubung . Setiap simpul di pohon dapat dihubungkan ke banyak anak (tergantung pada jenis pohon), tetapi harus dihubungkan ke tepat satu induk, [1] kecuali untuk simpul akar , yang tidak memiliki induk (yaitu, simpul akar sebagai simpul paling atas dalam hierarki pohon). Batasan-batasan ini berarti tidak ada siklus atau "loop" (tidak ada simpul yang dapat menjadi leluhurnya sendiri), dan juga bahwa setiap anak dapat diperlakukan seperti simpul akar dari sub-pohonnya sendiri, menjadikan rekursi sebagai teknik yang berguna untuk traversal pohon . Berbeda dengan struktur data linear , banyak pohon tidak dapat direpresentasikan oleh hubungan antara simpul-simpul tetangga (simpul induk dan anak dari suatu simpul yang dipertimbangkan, jika ada) dalam satu garis lurus (disebut tepi atau tautan antara dua simpul yang berdekatan).


Pohon biner adalah jenis yang umum digunakan, yang membatasi jumlah anak untuk setiap induk hingga maksimal dua. Ketika urutan anak ditentukan, struktur data ini sesuai dengan pohon terurut dalam teori grafik . Nilai atau penunjuk ke data lain dapat dikaitkan dengan setiap simpul di pohon, atau terkadang hanya dengan simpul daun , yang tidak memiliki simpul anak.

3.GRAPH DATA

Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan sekumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau sekumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut arrow atau arcs . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer .

Struktur data grafik juga dapat mengasosiasikan ke setiap sisi suatu nilai sisi , seperti label simbolik atau atribut numerik (biaya, kapasitas, panjang, dan lain-lain).

4.ALGORITMA

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data.

Jenis-Jenis Algoritma. Pada dasarnya, algoritma terdiri dari tiga jenis, yaitu algoritma sekuensial (sequential), algoritma percabangan (branching/selection), dan algoritma perulangan (iteration). Ini merupakan algoritma yang dilakukan secara bertahap dan juga berurutan.

5.PENGERTIAN ALGORITMA MENURUT AHLI:


1. **Donald E. Knuth**: Algoritma adalah sekumpulan aturan atau instruksi yang tepat dan tidak ambigu untuk menyelesaikan suatu masalah dalam jumlah langkah yang terbatas.


2. **Thomas H. Cormen**: Algoritma adalah prosedur komputasi yang didefinisikan dengan baik, yang mengambil satu atau lebih nilai sebagai input dan menghasilkan satu atau lebih nilai sebagai output.


3. **Elliot B. Koffman**: Algoritma adalah serangkaian langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau melakukan suatu tugas.


4. **David Harel**: Algoritma adalah urutan instruksi yang jelas dan terdefinisi dengan baik, yang memberikan cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah tertentu.


5. **Martin Davis**: Algoritma adalah daftar langkah-langkah komputasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang diberikan.


Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan prosedur atau metode yang terdiri dari langkah-langkah yang jelas dan terstruktur untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu.

6.EXPRESI LOGIKA

Ekspresi logika adalah pernyataan matematika yang dapat dievaluasi menjadi benar (true) atau salah (false). Ekspresi logika biasanya digunakan dalam pemrograman, matematika, dan ilmu komputer untuk membuat keputusan atau mengontrol alur program. Berikut adalah beberapa konsep dasar dari ekspresi logika:


1. **Operator Logika**:

   - **AND (&& atau ∧)**: Menghasilkan true jika kedua operand adalah true.

     - Contoh: `A && B` hanya true jika A dan B keduanya true.

   - **OR (|| atau ∨)**: Menghasilkan true jika salah satu operand adalah true.

     - Contoh: `A || B` true jika salah satu atau kedua A dan B true.

   - **NOT (! atau ¬)**: Menghasilkan true jika operand adalah false dan sebaliknya.

     - Contoh: `!A` true jika A false.


2. **Operator Relasional**:

   - **Sama dengan (==)**: Menghasilkan true jika kedua operand sama.

     - Contoh: `A == B` true jika A sama dengan B.

   - **Tidak sama dengan (!=)**: Menghasilkan true jika kedua operand tidak sama.

     - Contoh: `A != B` true jika A tidak sama dengan B.

   - **Lebih besar (>)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih besar dari operand kanan.

     - Contoh: `A > B` true jika A lebih besar dari B.

   - **Lebih kecil (<)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih kecil dari operand kanan.

     - Contoh: `A < B` true jika A lebih kecil dari B.

   - **Lebih besar atau sama dengan (>=)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih besar atau sama dengan operand kanan.

     - Contoh: `A >= B` true jika A lebih besar atau sama dengan B.

   - **Lebih kecil atau sama dengan (<=)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih kecil atau sama dengan operand kanan.

     - Contoh: `A <= B` true jika A lebih kecil atau sama dengan B.


3. **Contoh Ekspresi Logika**:

   - `(x > 5) && (y < 10)`: True jika x lebih besar dari 5 dan y lebih kecil dari 10.

   - `!(a == b)`: True jika a tidak sama dengan b.

   - `(age >= 18) || (hasPermission)`: True jika age lebih besar atau sama dengan 18 atau hasPermission adalah true.


Ekspresi logika ini sangat berguna dalam pemrograman untuk melakukan kontrol alur, seperti dalam pernyataan kondisional (`if`, `while`, `for`) dan untuk memvalidasi data atau kondisi tertentu.

7.OPERASI LOGIKA

Operasi logika adalah operasi yang dilakukan pada satu atau lebih nilai boolean (true atau false) dan menghasilkan nilai boolean sebagai hasilnya.

Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika. Sebagai contoh, dalam sintaks logika proposisional, operasi biner dapat dipakai untuk menggabungkan dua rumus atomik dan, memberikan rumus kompleks.

8.FLOWCHART
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.

Jenis Flowchart
  • Flowchart Dokumen. Diagram alir ini dibuat memang untuk pendokumentasian yang berisi prosedur administratif dan semacamnya.
  • Flowchart Sistem. Jenis diagram ini memberikan gambaran paling besar suatu proyek yang dikerjakan.
  • Flowchart Skematik. 
  • Flowchart Proses.
  • Flowchart Program
9.FLOWCHART DOKUMEN

Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
Jenis Flowchart
  • Flowchart Dokumen. Diagram alir ini dibuat memang untuk pendokumentasian yang berisi prosedur administratif dan semacamnya. 
  • Flowchart Sistem. Jenis diagram ini memberikan gambaran paling besar suatu proyek yang dikerjakan.
  • Flowchart Skematik.
  • Flowchart Proses.
  • Flowchart Program.
10.FLOWCHART SISTEM

Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem

Diagram alur sistem adalah representasi visual dari proses, keputusan, masukan dan keluaran yang bersama-sama membentuk suatu sistem .
 
11.FLOWCHART DATA

Flowchart data adalah diagram yang menggambarkan aliran data dalam suatu sistem atau proses. Ini membantu memvisualisasikan bagaimana data masuk, diproses, dan dikeluarkan dalam sistem, serta bagaimana data tersebut mengalir antara berbagai komponen atau entitas.

### Komponen Utama dalam Flowchart Data

1. **Mulai**: Titik awal alur data.
2. **Input Data**: Tempat data masuk ke dalam sistem.
3. **Proses Data**: Langkah-langkah di mana data diproses atau diubah.
4. **Keputusan**: Titik di mana alur data dapat bercabang berdasarkan kondisi tertentu.
5. **Output Data**: Hasil akhir dari proses data.
6. **Penyimpanan Data**: Tempat di mana data disimpan untuk penggunaan di masa mendatang.
7. **Koneksi**: Garis atau panah yang menunjukkan aliran data dari satu komponen ke komponen lain.

### Contoh Flowchart Data

Misalnya, kita ingin menggambarkan alur data dalam sistem pemrosesan pesanan online:

1. **Mulai**
   - V
2. **Input Data Pesanan**
   - (Input: Informasi Pesanan)
   - V
3. **Validasi Data Pesanan**
   - Apakah data valid?
     - [Ya] → V
     - [Tidak] → Tampilkan Kesalahan
   - V
4. **Proses Pembayaran**
   - (Proses: Verifikasi Pembayaran)
   - V
5. **Update Status Pesanan**
   - (Update: Status Pesanan dalam Database)
   - V
6. **Generate Konfirmasi Pesanan**
   - (Output: Konfirmasi untuk Pengguna)
   - V
7. **Simpan Data Pesanan**
   - (Penyimpanan: Database Pesanan)
   - V
8. **Selesai**

### Simbol Umum dalam Flowchart Data

- **Oval**: Menunjukkan awal dan akhir alur data.
- **Parallelogram**: Mewakili input atau output data.
- **Rectangle**: Mewakili proses atau pengolahan data.
- **Diamond**: Menunjukkan titik keputusan yang mempengaruhi alur data.
- **Cylinder**: Mewakili penyimpanan data (misalnya, database).

Flowchart data membantu dalam mendokumentasikan dan menganalisis aliran data di dalam sistem, serta mempermudah pemahaman bagaimana data diproses dan digunakan.

12.FLOWCHART PROGRAM

Flowchart program merupakan langkah-langkah (instruksi-instruksi) program yang menceritakan kejadian suatu proses satu dengan proses lainya dalam suatu program secara mendetail yang di wakilkan dalam bentuk simbol atau bagan.

Flowchart berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan setiap proses yang terjadi dalam program. Ini akan lebih memudahkan bagi programmer untuk menjelaskan progres pengembangan software yang sedang digarapnya.

13.SIMBOL FLOWCHART

Simbol Flowchart dan Fungsinya

Simbol-simbol dalam flowchart memiliki makna dan fungsi tertentu yang membantu dalam pemahaman alur kerja. Beberapa simbol dasar flowchart meliputi:

1. Simbol Awal (Mulai/Akhir):

Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.

2. Simbol Proses:

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.

3. Simbol Keputusan (Keputusan):

Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk berlian.

4. Simbol Input/Output:

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.

5. Simbol Penghubung (Konektor):

Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.


Comments

Popular posts from this blog

DATA GALUH