Resume berfikir komputasi
Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan sekumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau sekumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut arrow atau arcs . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer .
Struktur data grafik juga dapat mengasosiasikan ke setiap sisi suatu nilai sisi , seperti label simbolik atau atribut numerik (biaya, kapasitas, panjang, dan lain-lain).
4.ALGORITMA
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data.
Jenis-Jenis Algoritma. Pada dasarnya, algoritma terdiri dari tiga jenis, yaitu algoritma sekuensial (sequential), algoritma percabangan (branching/selection), dan algoritma perulangan (iteration). Ini merupakan algoritma yang dilakukan secara bertahap dan juga berurutan.
5.PENGERTIAN ALGORITMA MENURUT AHLI:
1. **Donald E. Knuth**: Algoritma adalah sekumpulan aturan atau instruksi yang tepat dan tidak ambigu untuk menyelesaikan suatu masalah dalam jumlah langkah yang terbatas.
2. **Thomas H. Cormen**: Algoritma adalah prosedur komputasi yang didefinisikan dengan baik, yang mengambil satu atau lebih nilai sebagai input dan menghasilkan satu atau lebih nilai sebagai output.
3. **Elliot B. Koffman**: Algoritma adalah serangkaian langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau melakukan suatu tugas.
4. **David Harel**: Algoritma adalah urutan instruksi yang jelas dan terdefinisi dengan baik, yang memberikan cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah tertentu.
5. **Martin Davis**: Algoritma adalah daftar langkah-langkah komputasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang diberikan.
Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan prosedur atau metode yang terdiri dari langkah-langkah yang jelas dan terstruktur untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu.
6.EXPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah pernyataan matematika yang dapat dievaluasi menjadi benar (true) atau salah (false). Ekspresi logika biasanya digunakan dalam pemrograman, matematika, dan ilmu komputer untuk membuat keputusan atau mengontrol alur program. Berikut adalah beberapa konsep dasar dari ekspresi logika:
1. **Operator Logika**:
- **AND (&& atau ∧)**: Menghasilkan true jika kedua operand adalah true.
- Contoh: `A && B` hanya true jika A dan B keduanya true.
- **OR (|| atau ∨)**: Menghasilkan true jika salah satu operand adalah true.
- Contoh: `A || B` true jika salah satu atau kedua A dan B true.
- **NOT (! atau ¬)**: Menghasilkan true jika operand adalah false dan sebaliknya.
- Contoh: `!A` true jika A false.
2. **Operator Relasional**:
- **Sama dengan (==)**: Menghasilkan true jika kedua operand sama.
- Contoh: `A == B` true jika A sama dengan B.
- **Tidak sama dengan (!=)**: Menghasilkan true jika kedua operand tidak sama.
- Contoh: `A != B` true jika A tidak sama dengan B.
- **Lebih besar (>)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih besar dari operand kanan.
- Contoh: `A > B` true jika A lebih besar dari B.
- **Lebih kecil (<)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih kecil dari operand kanan.
- Contoh: `A < B` true jika A lebih kecil dari B.
- **Lebih besar atau sama dengan (>=)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih besar atau sama dengan operand kanan.
- Contoh: `A >= B` true jika A lebih besar atau sama dengan B.
- **Lebih kecil atau sama dengan (<=)**: Menghasilkan true jika operand kiri lebih kecil atau sama dengan operand kanan.
- Contoh: `A <= B` true jika A lebih kecil atau sama dengan B.
3. **Contoh Ekspresi Logika**:
- `(x > 5) && (y < 10)`: True jika x lebih besar dari 5 dan y lebih kecil dari 10.
- `!(a == b)`: True jika a tidak sama dengan b.
- `(age >= 18) || (hasPermission)`: True jika age lebih besar atau sama dengan 18 atau hasPermission adalah true.
Ekspresi logika ini sangat berguna dalam pemrograman untuk melakukan kontrol alur, seperti dalam pernyataan kondisional (`if`, `while`, `for`) dan untuk memvalidasi data atau kondisi tertentu.
7.OPERASI LOGIKA
Operasi logika adalah operasi yang dilakukan pada satu atau lebih nilai boolean (true atau false) dan menghasilkan nilai boolean sebagai hasilnya.
- Flowchart Dokumen. Diagram alir ini dibuat memang untuk pendokumentasian yang berisi prosedur administratif dan semacamnya.
- Flowchart Sistem. Jenis diagram ini memberikan gambaran paling besar suatu proyek yang dikerjakan.
- Flowchart Skematik.
- Flowchart Proses.
- Flowchart Program
- Flowchart Dokumen. Diagram alir ini dibuat memang untuk pendokumentasian yang berisi prosedur administratif dan semacamnya.
- Flowchart Sistem. Jenis diagram ini memberikan gambaran paling besar suatu proyek yang dikerjakan.
- Flowchart Skematik.
- Flowchart Proses.
- Flowchart Program.
Simbol Flowchart dan Fungsinya
Simbol-simbol dalam flowchart memiliki makna dan fungsi tertentu yang membantu dalam pemahaman alur kerja. Beberapa simbol dasar flowchart meliputi:
1. Simbol Awal (Mulai/Akhir):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.
2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.
3. Simbol Keputusan (Keputusan):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk berlian.
4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.
5. Simbol Penghubung (Konektor):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
Comments
Post a Comment